Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?
( utk pertanyaan bisa ditulis di https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=806438642836269&id=793557547457712)
Ada beberapa alasan kenapa orang tertarik kerja di kapal
pesiar, antara lain karena:
1.
Terkesan gaya, kan kerja di kapal pesiar berarti
gajinya dollar dan pasti di luar negeri jadi gaya banget ( orang Indonesia kan paling
suka bergaya)
2.
Pingin membantu orang tua – ya iyalah dg gaji
dollar udah pasti bisa bantu orangtua. Kan gaji awal aja segala posisi sekitar
800 dollar alias 8.8 juta rupiah per bulan bersih krn tidak bayar kos, tidak
bayar makanan, tidak bayar listrik. Jadi bersih tuh gaji per bulan. Tapi ingat
kalo mau kirim duit ke Indonesia jangan dibawa pas mau pulang, karena di
bandara banyak pencopet yg mengincar para pelaut yg membawa gaji mereka pulang.
Yg paling aman adalah mengirim ke keluarga tiap bulan melalui moneygram atau
western union, emang ada biayanya tapi jauh lebih aman dan pasti nyampe ke
Indonesia dan bisa diuangkan di bank2 yg udah ditunjuk, gampang bagi keluarga
yg mau ambil duit cukup memberikan nomor code dari si pengirim dan ktp. Langsung
uangnya diterima dalam rupiah ga pake potongan lagi. Kalo saya sukanya
moneygram karena biaya pengirimannya dr luar negeri lebih murah daripada
western union.
3.
Pingin jalan-jalan ke luar negeri. Udah pasti deh tiap kali kapal berhenti
dimanapun kita boleh kok turun terus belanja2 atau sekedar cuci mata, asal
hati2 aja dg penukaran uang dan pencopet!
4.
Pingin cari jodoh, yah kalo mau cari jodoh dari
tamu kayaknya ga mungkin krn kalo ketahuan pacaran dg tamu, anda bisa
dipulangkan, tapi kebanyakan crew pacarannya dg sesame crew lainnya baik itu
orang Indonesia ataupun crew dari Negara lain, bahkan ada yg dg staff captain
yg merupakan orang-orang bule. Di kapal ga ada larangan untuk pacaran tapi
hati2 krn banyak crew yg udah nikah tapi masih aja cari pacar di kapal,
huuuuuuu payahhh
Yah itu beberapa alasan kenapa orang kok pingin kerja di
kapal pesiar, selanjutnya adalah benefit dan detriment /kerugian kalo kerja di
kapal;
Keuntungan:
1.
Gaji dollar jadi udah pasti bisa bantu orang tua
asal gajinya ga dihambur2kan aja waktu kerja di kapal. Terus kalo dapat tips
dollar biasanya lumayan tuh kalo penumpangnya bule.
2.
Bisa keliling ke beberapa Negara sekaligus,
lumayan yg suka travelling pasti suka deh krn bisa beli macam2 oleh2 dari
berbagai Negara dan wisata kuliner juga saat kapal mendarat di suatu tempat.
3.
English jadi lebih lancar dan lebih supel krn
kita bergaul tiap hari dg berbagai macam bangsa di dunia ini . jadi yg tadinya
pendiam, begitu pulang dari kapal pasti rada cerewed dehhh…
4.
Kebanggan tersendiri, krn ga semua orang bisa
kerja di kapal lho, hanya orang2 yg beruntung aja yg bisa kerja di kapal. Beruntung
gimana? Ya nasib orang kan beda2 tapi yg jelas orang2 yg berhasil kerja di
kapal pesiar udah pasti bukan orang bodoh, bukan orang yg cuman mimpi doang,
dan udah pasti bukan orang yg ga bisa Bahasa Inggris.
Kerugian ( nah ini dia)
1.
Yg muslim, susah kalo mau Sholat harus ijin dulu
ke supervisor, kalo supervisornya baik sih gapapa, tapi kadang supervisornya
rese banget (maklum orang kafir ) jadi siap2 aja diomelin tiap kali mau sholat.
So berharap aja dapet supervisor yg pengertian.
2.
Kalo bulan puasa dan lebaran tidak ada
dispensasi, sesudah sholat Ied harus langsung kerja lagi seperti biasa, jadi
nangis Bombay deh… belum lagi kalo puasa pas musim dingin aduhhh menderita sekali
deh rasanya mau ga puasa aja tapi sayang kalo kita ga puasa , kita berdosa
besar krn puasa kan hukumnya WAJIB.
3.
Jauh dari keluarga selama paling tidak 6 – 10 bulan
tergantung kontraknya. Yg punya anak atau pacar udah pasti kangen banget meski
bisa pake skype tapi tetap aja sedih kalo inget keluarga di rumah.
4.
Ga tau berita kecuali kadang baca2 di internet
tetapi waktu luang kita di kapal sangat sedikit, jadi kebanyakan crew ga suka
baca koran online, dan satu lagi, bir jadi minuman sehari2 yg biasa diminum para crew, aduuuhh…. Itu buang2
duit aja dan haram!!! Jangan yaaa..
5.
Kerjanya berat bangetttt….. capek sekali, bahkan
begitu bangun tidur, badan rasanya masih capek, belum lagi supervisor cerewet
atau rekan kerja yg ga mau bantu rasanya nyebelin banget. Lelaaahhhhh sekaleeee…
dan itu terus terjadi sampe waktu kontrak berakhir, rasanya cuapek ga karuan. Ga
bisa dibayangkan deh kalo belum mengalaminya.
6.
Banyak peraturan di kapal: ga boleh berkelahi,
ga boleh drugs, ga boleh telat, ga boleh melawan supervisor, ga boleh malas, ga
boleh jorok, ga boleh buang sampah sembarangan, ga boleh lupa waktu, ga boleh pake
fasilitas penumpang, ga boleh dekat2 dg penumpang, ga boleh ngobrol pake bahasa
lain selain English, dan sejuta ga boleh yg lainnya, pokoknya kaget deh lihat
peraturan2 mereka yg kesannya emang keterlaluan tapi mau gimana lagi.
7.
Agak jauh dari agama, ya itu terjadi krn kita
kan capek kerja jadi mau ibadah rasanya males banget, terus kita kan ga
mendapat siraman rohani, jadi gangguan2 yg datang susah untuk disaring ,
disinilah kita butuh temen2 yg baik dan selalu mengingatkan kita. Ada lho teman
yg spt itu, dulu saya punya temen yg selalu mengingatkan tentang makanan ini
ada babi, makanan itu nggak, jadi sebelum makan, saya pasti tanya dulu. Emang sih
biasanya makanan yg ada babinya di kasih tanda tapi kadang mereka lupa kasih
tanda itu sehingga ga sengaja crew yg muslim memakannya, itu pernah terjadi
beberapa kali termasuk ke saya, rasanya seballll.. jijik deh liat daging babi
yg mirip daging ayam setelah diolah
8.
Banyak gangguan setan: banyak crew yg kumpul
kebo ataupun sex bebas, tapi ga semua lho, tergantung orangnya tapi bisa
dibilang sih 90 persen crew emang berperilaku begitu, tapi saran saya sih, tiap
kali anda tergoda utk sex bebas ingatlah penyakit HIV. Ada temen saya orang
China dia lucu dan baik orangnya, tapi dia tergoda sex bebas dg seorang
penyanyi asal Malaysia, dan pas si penyanyi itu ngaku dia punya HIV, langsung
si temen saya ini dipulangkan krn diperkirakan dia juga terkena HIV walaupun
belum tentu juga tetapi krn mereka kumpul kebo ya pihak kapal ga mau ambil
resiko. Nah looooo… makanya tiap kali anda tergoda untuk sex bebas ingatlah itu
dosa dan HIV adalah ganjarannya. Belum lagi yg hamil di luar nikah udah pasti
dipulangkan paksa. Adalagi kasus yg menggugurkan kandungan sehingga pendarahan
dan merepotkan orang se kapal, udah pasti nasibnya dipulangkan. Mau kayak gitu?
Jgn dong…
So, yg udah berhasil interview ke kapal, anda harus bekali
diri anda dg agama yg kuat, jgn mudah terpengaruh dg lingkungan yg brengsek,
ingatlah kita kerja buat ngumpulin duit, bukan untuk sex bebas yg akan anda
sesali di kemudian hari. Biar aja semua orang spt itu kumpul kebo, biar aja
orang2 minum bir, asal kita TIDAK.
PERSIAPAN KALO INGIN KERJA DI KAPAL
1.
Kalo anda berjilbab, sayangnya itu tidak
diperbolehkan jadi meski anda punya pengalaman dan good English tapi anda harus
buka jilbab kalo mau kerja di kapal ( maklum para pemilik kapal adalah orang2
asing yg tidak menginginkan crewnya pake sesuatu yg berbau agama)
2.
Kalo anda cuman lulusan SMA, ga papa ga usah
kuliah perhotelan segala, yg anda perlukan hanyalah pengalaman kerja minimal 6
bulan di hotel atau restoran, anda bisa cari sendiri training di hotel atau
resto dg mengirimkan lamaran training ke bagian HRD dari hotel/resto tersebut. Ingat
kalo training itu kerja ga dibayar lho, jadi anda harus siap kerja tanpa
dibayar selama 6 bulan, lalu dg berbekal surat keterangan dari hotel/resto yg
bersangkutan, anda bisa melamar ke kapal melalui agen CTI.
3.
Ingat, umur harus 21 – 32, sehat rohani dan
jasmani, no kacamata, no cacad apapun. Tinggi minimal 160 cm. kalo umurnya
kurang, anda kerja aja dulu di hotel/resto sampai umur anda cukup baru melamar
ke kapal.
4.
GOOD ENGLISH, wajib, mutlak ga bisa ditawar2
karena inilah kunci untuk bisa lulus interview. Seperti anda ketahui, interview
diadakan dua kali, yg pertama oleh pihak CTI pas anda melamar (in English juga)
lalu kalo lulus baru anda ikut interview yg diadakan oleh user(pihak
kapal/bule) dan kalo anda lulus interview yg kedua, baru deh anda proses
dokumen, dengan kata lain kalo ga lulus ya ga bikin dokumen apapun dan nol
biaya.
5.
Persiapkan marlins test – bentuknya seperti
toefl tapi ini khusus untuk orang kapal, pake computer dan jawabannya memilih
aja tapi harus hati2 krn skor minimal yg diminta adalah 75 kalo untuk assistant
waiters/waitress, 70 buat housekeeping dan 65 buat cook helper. Yg ikut kelas
saya di Gianyar bali, pasti saya kasih bekal marlins test juga, don’t worry….ga susah kok.
6.
Pengalaman kerja adalah mutlak, tanpa pengalaman
kerja ga bisa melamar ke kapal, jadi yg blm punya pengalaman, please deh cari
training sendiri ke hotel atau resto.
7.
Lowongan yg
selalu ada adalah di bidang perhotelan, di luar itu ga janji pasti ada krn
sifatnya additional, jadi yg mau kerja di kapal persiapkanlah pengalaman kerja
di HOTEL/RESTO krn pengalaman di bidang lain GAK KEPAKE BIARPUN UDAH TINGKAT
MANAGER
8.
LOWONGAN YG SELALU TERBUKA; assistant waiter/waitress, housekeeping ( room boy/girl, public area,
laundryman) cook helper dan pastry staff. Diluar lowongan itu kadang ada kadang
tidak, jadi kalo mau kerja di kapal
persiapkanlah pengalaman di hotel atau resto aja, jangan bidang yg lain.
9.
CTI bukan agen starcruise, jadi yg mau ke
starcruise coba hubungi meranti Magsaysay Jakarta
10.
Kapal apa aja yg kerjasama dg CTI? Bisa dilihat
di facebook : https://www.facebook.com/ctigroupbalirenon
11.
Untuk melamar, anda harus buat lamaran in
English, CV, SKCK, kartu kuning dan foto warna 2 lembar dg latar merah ukuran 4
x 6 , begitu anda memasukkan lamaran ke CTI anda harus langsung siap
diinterview in English. Kalo lulus baru boleh ikut interview dg user kapal.
12.
Saya bukan orang CTI , saya ngajar English buat
orang2 yg mau ke kapal pesiar dg metode gampang dan udah pasti lulus dg murni, biaya
hanya 1 juta aja sampe lulus. Kalo anda tertarik mau kursus tapi anda ga
tinggal di bali, anda mesti kos di dekat tempat saya sebulan aja, kita belajar
how to pass the interview, lalu anda ikut wawancara di CTI bali dan selanjutnya
selama menunggu wawancara dg pihak kapal anda boleh pulang lagi ke rumah anda karena CTI akan menghubungi anda untuk
jadwal interview dg kapal. Sebelum ketemu
dg pewawancara, kita bisa latihan lagi interview 1 atau 2x agar lebih mantap
lalu anda ikut interview dg user. Saya udah ada beberapa siswa dari pulau jawa
yg belajar disini dan sudah ikut interview yg pertama, udah lulus jadi mereka
sekarang udah pulang ke jawa dan tinggal
nunggu interview kedua yg akan diinfo oleh CTI langsung. Gampang kok ga susah
asal tau caranya dalam menjawab, pasti lulus deh.
13.
Ingatlah kerja di kapal adalah kerja serius,
jadi jgn berpikir untuk ganti2 pekerjaan di kapal krn itu ga mungkin. Kalo anda
laundryman, jadilah laundryman yg baik jgn mimpi ganti pekerjaan jadi waiter,
toh gajinya sama aja.
Kalo yg nyari info tentang kapal tongkang saya
ga tau soal itu, saya cuman tahu how to work on a cruise ship aja. Cruise ship
only………!!
Comments