Wednesday, June 8, 2011

cerita pengalaman kerja di kapal pesiar

Halo reader....
ini my first blog yang saya buat untuk menampung kisah-kisah hidup di kapal yang dialami beberapa orang, dan ingin berbagi, saya sengaja mencampur sedikit dengan Bahasa Inggris, karena banyak ungkapan yang lebih pas diungkapkan dalam Bahasa Inggris, dan juga bisa jadi sedikit pembelajaran bagi reader/pembaca yang sedang belajar Bahasa Inggris.

ok yang pertama tentu saja cerita saya...
ini cerita waktu saya kerja di kapal pesiar star cruise sekitar tahun 2002 di kapal SUPERSTAR ARIES. emang udah lama banget yah tapi saya masih ingat pengalaman2 selama disana karena emang sangat berkesan meski kerja di kapal sangat berat dan bikin saya jadi kurus kering.
sebelum kerja di kapal saya kerja di travel agent bagian ticketing di Jkt tapi saat ada krismon dan perusahaan jatuh terpaksa saya banting setir kerja di kapal pesiar sebagai housekeeping staff, itu loh yang membersihkan cabin dan ruangan lainnya.

saya tidak terlalu berpikir gimana hidup di kapal tapi saya mau coba karena saya bisa jalan-jalan ke luar negeri, nah itu yang saya suka....heheheeh.... duitnya sih ga terlalu banyak tapi... tapi.... ternyata kerja di kapal pesiar itu gak mudah, apalagi supervisor di kapal kebanyakan orang filipina dan mereka itu gimanaaaa.. gitu ama orang Indonesia, jadi mereka membuat saya dapat nightmare deh.

saya pertama kerja dapat shift malam, kerja dari jam 8 malam ampe jam 8 pagi, waduhhh pusing deh kepala saya karena seumur hidup belum pernah kerja malam, jadilah dengan terkantuk-kantuk saya membersihkan banyak toilet di malam hari, ya toilet karena sebagai new staff kami belum dapat giliran membersihkan cabin, jadi sementara kami membersihkan dan maintenance semua toilet luar yang ada di kapal.
yang paling saya benci adalah crew toilet di crew bar, itu loh bar untuk crew yang ada di kapal, abis kotor banget, very filthy deh...

di kapal saya berteman baik dengan semu crew dari Indonesia yang berjumlah sekitar 40% dari seluruh crew kapal, woow banyak, ya? kebanyakan crew Indonesia baik-baik, tapi kalo crew filipina, aduh udah deh males membicarakannya, mereka banyak yg brengsek , suka kumpul kebo, suka selingkuh, suka jahat sama crew indonesia, dan semua yg jelek2 ... meski ga semua tapi kebanyakan crew filipina berhati tidak baik. mungkin karakter kali, atau kebetulan aja yg saya temui sept itu. ada sih beberapa yg baik hati tapi gak sebanyak yg jahat.

saya punya temen cewek Vietnam namanya Nancy, dia cantik dan lucu banget orangnya, waktu itu kita berempat tugas malam, saya, nancy, dan dua temen Indonesia lainnya si ratna dan ade, nah malam itu saya ama si ratna jadi satu group dan nancy dengan ade. saya dan ratna iseng ingin mengganggu si nancy, pas kita mau membersihkan crew bar toilet wanita, disitu kotor banget wah gak karuan deh, nah kita kabur dan menyerahkan toilet itu pada nancy, dia sih oke oke aja karena belum liat betapa kotornya itu toilet, tapi begitu dia liat langsung dia menjerit dan mengejar kami semua, hehhehe.. enak juga ngerjain orang sekali sekali abis stress sih kerja di kapal.

dilain waktu si ratna menemukan toilet wanita ga bisah diflushed karena ada kotoran besar dan keras yg menyumbat akhirnya dg semangat 45 dia berusaha menghancurkan si kotoran itu pakai tongkat bekas sapu.. hiaaatt..!!!! akhirnya bisa juga, terus saya ganggu si ratna ini dg pertanyaan: eh ratna gimana tuh tongkat? bau ga? haaaahahahah... ratna langsung ngomel2 gak karuan.( udah jelas bau, masih ditanya pula hahahah)

di bagian galley/kitchen saya punya temen namanya Bowo, dia naksir berat ama temen saya di housekeeping asal Thailand namanya Leena. saya berusah mencomblangi mereka tapi susah abis si Leena pacaran ama filipino. tapi setelah tu cowok filipino ketahuan udah nikah di negaranya ga tau gimana akhirnya si Leena ini mau juga ama si Bowo dan mereka jadian pas kapal ada di Shanghai China, wowww romantis booo.... tapi sayangnya Bowo harus segera balik ke Indonesia karena kontraknya habis, jadilah mereka berpisah.. sedih banget.. si Bowo udah di dermaga masih menatap ke arah kapal sementara Leena ada di kapal bagian belakang menatap ke arah Bowo, kapal waktu itu belum jalan jadi mereka saling menatap dan melambai untuk sekian lama, nah temen-temen punya ide, mereka memberi secarik kertas pada Leena dan suruh membacanya keras-keras biar Bowo dengar, Leena lalu membaca.:"...Bowo.......aku... cintha... kamuuuuu" dia baca keraaas banget ampe semua orang di bagian belakang kapal bisa dengar, Bowo juga dengar dan dia langsung teriak-teriak kegirangan.

nah yang sekarang cerita saya sendiri, saya kan muslim, tapi waktu di kapal saya sholatnya ga teratur karena waktu kerja yang sibuk, nah waktu malam hari jam 2 malam saya lagi membersihkan toilet di atap kapal, saat itu kapal di tengah lautan gak kelihatan daratan samasekali, saya sayup-sayup mendengar suara... Adzan....saya dengar jelas banget seolah-olah diatas kapal ada Masjid, waduh saya sampai merinding banget...langsung saya turun ke bawah dan cerita ama temen saya, dia bilang mungkin itu peringatan supaya saya terus menjalankan sholat dimanapun saya berada, biar sesibuk apapun, saya pikir bener juga ya..... sejak itu saya lebih teratur sholatnya di kapal meskipun sibuk dan capek, itu sulit tapi harus dilakukan agar kita tahan godaan di kapal....

ok sekian dulu cerita saya 11 bulan di kapal pesiar Starcruise superstar Aries tahun 2002. sorry kalau penggambaran ceritanya amatiran maklum, saya kan cuma berbagi pengalaman aja....


No comments: