Selasa, 07 Juni 2011

cerita pengalaman kerja di kapal pesiar

Halo reader....
ini my first blog yang saya buat untuk menampung kisah-kisah hidup di kapal yang dialami beberapa orang, dan ingin berbagi, saya sengaja mencampur sedikit dengan Bahasa Inggris, karena banyak ungkapan yang lebih pas diungkapkan dalam Bahasa Inggris, dan juga bisa jadi sedikit pembelajaran bagi reader/pembaca yang sedang belajar Bahasa Inggris. Kalau ada yang mau kirim cerita boleh kok, kirim aja ke rosanawati@gmail.com dengan catatan gunakan Bahasa Indonesia yang baik, bukan bahasa sms, karena pusing saya kalo membaca serba disingkat begitu tapi ga ada imbalannya karena kita kan hanya berbagi kisah......

ok yang pertama tentu saja cerita saya...
ini cerita waktu saya kerja di kapal pesiar star cruise sekitar tahun 2002 di kapal SUPERSTAR ARIES. emang udah lama banget yah tapi saya masih ingat pengalaman2 selama disana karena emang sangat berkesan meski kerja di kapal sangat berat dan bikin saya jadi kurus kering.
sebelum kerja di kapal saya kerja di travel agent bagian ticketing di Jkt tapi saat ada krismon dan perusahaan jatuh terpaksa saya banting setir kerja di kapal pesiar sebagai housekeeping staff, itu loh yang membersihkan cabin dan ruangan lainnya.
saya tidak terlalu berpikir gimana hidup di kapal tapi saya mau coba karena saya bisa jalan-jalan ke luar negeri, nah itu yang saya suka....heheheeh.... duitnya sih ga terlalu banyak tapi... tapi.... ternyata kerja di kapal pesiar itu gak mudah, apalagi supervisor di kapal kebanyakan orang filipina dan mereka itu gimanaaaa.. gitu ama orang Indonesia, jadi mereka membuat saya dapat nightmare deh.

saya pertama kerja dapat shift malam, kerja dari jam 8 malam ampe jam 8 pagi, waduhhh pusing deh kepala saya karena seumur hidup belum pernah kerja malam, jadilah dengan terkantuk-kantuk saya membersihkan banyak toilet di malam hari, ya toilet karena sebagai new staff kami belum dapat giliran membersihkan cabin, jadi sementara kami membersihkan dan maintenance semua toilet luar yang ada di kapal.
yang paling saya benci adalah crew toilet di crew bar, itu loh bar untuk crew yang ada di kapal, abis kotor banget, very filthy deh...
di kapal saya berteman baik dengan semu crew dari Indonesia yang berjumlah sekitar 40% dari seluruh crew kapal, woow banyak, ya? kebanyakan crew Indonesia baik-baik, tapi kalo crew filipina, aduh udah deh males membicarakannya, mereka banyak yg brengsek , suka kumpul kebo, suka selingkuh, suka jahat sama crew indonesia, dan semua yg jelek2 deh, meski ga semua tapi kebanyakan crew filipina berhati tidak baik. mungkin karakter kali, atau kebetulan aja yg saya temui sept itu. ada sih beberapa yg baik hati tapi gak sebanyak yg jahat.

saya punya temen cewek Vietnam namanya Nancy, dia cantik dan lucu banget orangnya, waktu itu kita berempat tugas malam, saya, nancy, dan dua temen Indonesia lainnya si ratna dan ade, nah malam itu saya ama si ratna jadi satu group dan nancy dengan ade. saya dan ratna iseng ingin mengganggu si nancy, pas kita mau membersihkan crew bar toilet wanita, disitu kotor banget wah gak karuan deh, nah kita kabur dan menyerahkan toilet itu pada nancy, dia sih oke oke aja karena belum liat betapa kotornya itu toilet, tapi begitu dia liat langsung dia menjerit dan mengejar kami semua, hehhehe.. enak juga ngerjain orang sekali sekali abis stress sih kerja di kapal.
dilain waktu si ratna menemukan toilet wanita ga bisah diflushed karena ada kotora besar dan keras yg menyumbat akhirnya dg semangat 45 dia berusaha menghancurkan si kotoran itu pakai tongkat bekas sapu.. hiaaatt..!!!! akhirnya bisa juga, terus saya ganggu si ratna ini dg pertanyaan: eh ratna gimana tuh tongkat? bau ga? haaaahahahah... ratna langsung ngomel2 gak karuan.

di bagian galley/kitchen saya punya temen namanya Bowo, dia naksir berat ama temen saya di housekeeping asal Thailand namanya Leena. saya berusah mencomblangi mereka tapi susah abis si Leena pacaran ama filipino. tapi setelah tu cowok filipino ketahuan udah nikah di negaranya ga tau gimana akhirnya si Leena ini mau juga ama si Bowo dan mereka jadian pas kapal ada di Shanghai China, wowww romantis booo.... tapi sayangnya Bowo harus segera balik ke Indonesia karena kontraknya habis, jadilah mereka berpisah.. sedih banget.. si Bowo udah di dermaga masih menatap ke arah kapal sementara Leena ada di kapal bagian belakang menatap ke arah Bowo, kapal waktu itu belum jalan jadi mereka saling menatap dan melambai untuk sekian lama, nah temen-temen punya ide, mereka memberi secarik kertas pada Leena dan suruh membacanya keras-keras biar Bowo dengar, Leena lalu membaca.:"...Bowo.......aku... cintha... kamuuuuu" dia baca keraaas banget ampe semua orang di bagian belakang kapal bisa dengar, Bowo juga dengar dan dia langsung teriak-teriak kegirangan.

nah yang sekarang cerita saya sendiri, saya kan muslim, tapi waktu di kapal saya sholatnya ga teratur karena waktu kerja yang sibuk, nah waktu malam hari jam 2 malam saya lagi membersihkan toilet di atap kapal, saat itu kapal di tengah lautan gak kelihatan daratan samasekali, saya sayup-sayup mendengar suara... Adzan....saya dengar jelas banget seolah-olah diatas kapal ada Masjid, waduh saya sampai merinding banget...langsung saya turun ke bawah dan cerita ama temen saya, dia bilang mungkin itu peringatan supaya saya terus menjalankan sholat dimanapun saya berada, biar sesibuk apapun, saya pikir bener juga ya..... sejak itu saya lebih teratur sholatnya di kapal meskipun sibuk dan capek, itu sulit tapi harus dilakukan agar kita tahan godaan di kapal....

ok sekian dulu cerita saya 11 bulan di kapal pesiar Starcruise superstar Aries tahun 2002. kalau ada yang mau ikutan nimbrung monggoooo.....

18 komentar:

email penghasiluang8 mengatakan...

sip sist ceritanya hihihi...ane juga banyak cerita tapi kaga'bisa caranya merangkum...wkwkwkwk

Admin mengatakan...

Kalau kerja di bagian deck ada cerita ga? Kemaren bisa ikut kapal itu via agen apa?
thx infonya,coz saya baru rencana mau ikut mencoba kerja dikapal pesiar.

Diah mengatakan...

@admin

sy ga bgt kenal dg orang2 deck, krn di kapal itu semua orang deck adalah filipino.
dulu sy berangkat lewat agen di jakarta tapi skrg agennya udah di tutup. kalo mau kerja di bagian deck, di jakarta ada agen Holland American lines yg biasanya butuh bagian deck tiap bulannya, kalo di bali deck biasanya bergabung di CTI.

D@ni Nurj4nto mengatakan...

Maaf nwi sebelumnya, mau tanya soal gaji...waktu kerja disana gajinya perbulanya berapa emang?

financial mengatakan...

dulu thn gajinya ga sampai 3 juta, tapi dengar2 sih sekarang star cruise sudah menaikkan gaji cuman saya ga tau persis berapa.

reza aditya mengatakan...

sist kerja di kapal pesiar perlu pengalaman kerja di hotel bintang 4 ga..?

financial mengatakan...

ceritakan aja.. yg seram2 tapinya.. heheheh

financial mengatakan...

gak harus hotel bintang 4, hotel apa aja bisa kok, minimal setahun

farary zul kenzy kanggas mengatakan...

wadu cerita bagus min
btw saya mw tanya, sekarang saya udah lolos tes user tinggal kumpulin dokumen
yg saya tanyakan waktu kerja di kapal boleh pakai behel gak sama kacamata?
saya keterima sebagai waiter.
tq
fb ane : kenzy_kurosaki@ymail.com

financial mengatakan...

Buar Farary,

kamu lulus interview kapal apa? melalui agen apa? be careful ama agen abal2..
kamu udah siapkan semua uangnya? kan paling tidak 20 jt tuh kalo Royal caribbean .. yg saya tahu sih, kacamata ama behel TIDAK BOLEH dipake di kapal.

anymore questions?

Diah

ary bukhori mengatakan...

aku juga di tawarin kerja di kapal pesiar katanya gajinya 5-30 juta...dan harus kursus bhs inggris dlu bayar 8 juta...tp agak sangsi soalnya prosesnya lma hrus pnya srtifikat hotel dlu..

Chan Shinoda mengatakan...

salam kenal. saya ada teman dekat mau kerja di kapal pesiar royal carribean...tgl 19 agustus besok disuruh ke jakarta untuk diklat/training. agen nya bernama: andrew boston... tapi kalau nyetor uang ke rekenening BRI/ BNI bernama HENDRA BASTIAN.
apakah itu benar adanya atau tidak (penipuan dg nama tsb ) ?
mohon info kalau ada tahu..

financial mengatakan...

halo salam kenal
temen anda itu tertipu karena tidak ada agen kapal royal caribbean yg bernama andrew boston
ingat agen resmi royal caribbean di indonesia hanya CTI yg berkantor di jkt ,bali dan jogja
di luar itu bohong semua
agen resmi tidak akan menyuruh untuk membayar apapun hingga lulus wawancara dg pihak kapal
total biaya untuk dokumen dan lain2 untuk ke kapal royal caribbean hanya 10 juta saja tidak lebih dari itu
so berhati2 lah jgn mau bayar sebelum lulus interview dan ingat jangan pilih agen sembarangan

Diyono mengatakan...

Kulo wong nggunung kepingin kerja di kapal pesiar.. Bagaimana saya perawat laki,,,tolong saya mau ngelamar jadi nurse in cruise ship, saya punya pengalaman kerja di rumah sakit luar negri saudi,,saya punya REGISTERD NURSE from saudi,,tolong beri tau ID email-email kapal pesiar ; bisakah ngirim lewat email, emailkan jawabanya ke inbox face book saya: diyonoalkhobar@yahoo.com
Thank you so much..maturnuwun sanget
Best Regards

Diyono,Registered Nurse(RN)

Fanny Dwi Anggo mengatakan...

@admin

bisa tolomg bantu dijawab,saya ibu rmh tangga berumur 33th, lulusan S1 sastra inggris, tdk punya pengalam kerja di hotel maupun basic perhotelan kira2 bisa ga ya melamar di kapal pesiar? pengalaman kerja saya 10thn sebagai sekretaris.

Mohon pencerahannya ya,terimakasih.

Anonim mengatakan...

DEAR FANNY

UNTUK YG MAU KE KAPAL:

UMUR MAXIMAL ADALAH 32 TAHUN, LEBIH DARI ITU GA BISA MELAMAR KE KAPAL

BAGI YG BELUM PENGALAMAN:
- ANDA HARUS CARI SENDIRI TRAINING DI HOTEL/RESTAURANT KARENA PIHAK AGEN TIDAK BISA MEMBANTU UNTUK MENCARIKAN TRAINING BAGI ANDA
- HANYA LAUNDRYMAN SAJA YG BISA TRAINING NYA BELAKANGAN ITUPUN HANYA UNTUK LAKI-LAKI SAJA

DEMIKIAN INFO YG MAU KE KAPAL

Kursus Kapal Pesiar mengatakan...

wah seru banget pengalamannya.
sukses selalu deh buat yang punya blog ini.

rosa mengatakan...

lowongan yg selalu terbuka di kapal adalah :
- housekeeping
- FB
- kitchen

diluar itu jarang sekali ada lowongan, jd yg kerja di hotel tapi bukan bagian HK,FB maupun kitchen, maaf anda blm bisa melamar