Mau kerja di kapal pesiar tapi ga bisa berbahasa Inggris gimana dong?

cek info kapal pesiar di https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=803563219790478&id=793557547457712 

Pertanyaan spt diatas itu banyak sekali ditanyakan kepada saya,  nah saya jadi  bingung menjawabnya, kenapa? Karena English adalah syarat utama untuk kerja di kapal selain pengalaman minimal 6 bulan.

Jadi kalo anda ga ada pengalaman di hotel dan juga ga bisa English, berarti kapal bukanlah karir yg tepat bagi anda, kenapa? Krn untuk bisa English yg sesuai dg standar kapal, dibutuhkan paling tidak setahun belajar tiap hari ngomong English, bukan Cuma kursus  doang tapi harus dipakai dalam kehidupan sehari-hari, nah looo ga gampang kaannn??

Tapi kalo anda SUDAH  punya pengalaman di hotel/restoran sebagai waiter/waitress, atau pengalaman sebagai  cook, atau pengalaman di bagian housekeeping, dan umur anda belum 30 th , nampaknya anda masih punya kesempatan asalkan anda mau setahun belajar English tiap hari, nah looo mau ga? Harus mau kalo emang niat banget mau ke kapal. Ingettt.. tiap hariiiiiiii

Apa yg harus dilakukan? Khusus untuk yg udah pengalaman kerja di hotel/restoran, ini ada bbrp tips:

-          Tetap kerja di hotel/restoran agar anda tetap dapat penghasilan dan keterampilan anda ga lupa. Tapi pindahlah kerja ke pulau Bali. Kenapa Bali sih? Karena di Bali lowongan di hotel/restoran selalu terbuka dan di Bali banyak turis sehingga anda bisa coba percakapan dg mereka sambil kerja. Di pulau jawa apalagi di luar jawa, sulit sekali bisa ngomong ama turis, di jogja mungkin bisa tapi jumlah turis asing di jogja kalah jauh dari Bali. Emang ga gampang ninggalin keluarga tapi toh anda kalo di kapal juga akan meninggalkan keluarga, jadi itung2 latihan jauh dari keluarga biar ga mewek kalo dimarahi atasan anda di kapal nanti.

-          Ambil kursus yg tiap hari, sekarang byk kok kursus intensif tiap hari dimana2, jadi pilihlah yg cocok dihati dan cocok di kantong, tapi khusus  anda yg ada di Gianyar Bali, bisa belajar ama saya aja gampang dan murah.

-          ENGLISH BUKAN CUMA TEORI, nah yg disekolah diajarinnya tentang teori mulu, dijamin ga bisa ngomong deh, jadi jgn berpikir bahwa English itu susah, no… katakan pada diri anda sendiri kalimat berikut ini : ENGLISH IS EASY, ENGLISH IS MY WAY TO WORK ONBOARD ( artinya cari sendiri  di kamus kan sekalian belajar masa harus saya suapin mulu) . Kalo dulu anda diajari rumus2 kalimat, hadeeh, buang jauh2 tu rumus bullshit, ga perlu menghapal rumus spt itu…, yg perlu dilakukan adalah membuat kalimat, dan itu harus dilakukan tiap hari, buatlah kalimat2 tentang kegiatan anda sehari2, tiap hari anda tulis di buku spt buku harian gitu deh, tapi semuanya in English, dg hal ini anda akan bisa menuliskan hal2 sederhana yg anda alami sehari2 in English, nah yg spt ini biasanya sangat berguna kalo anda diwawancara krn toh dlm wawancara yg ditanya juga tentang anda , jd mulai dari sekarang anda harus bisa menuliskan ttg anda sendiri dan pekerjaan anda di hotel/restoran setiap harinya in English dalam sebuah buku.

-          Tiap hari anda harus mendengarkan lagu2 berbahasa Inggris dan pelajarilah textnya, hapalkan, dan terus tambah lagu2 yg anda suka, semakin banyak yg hapal, semakin pintar English anda, ga percaya? Coba aja deh, itu yg sy lakukan sejak sy masih SD. Lagu2 English sangat membantu untuk vocabulary dan juga pengucapannya. Jauh lebih efektif daripada teori bullshit.

-          Kalo anda suka nyimpen video lagu dari youtube, boleh tuh anda isi video tersebut dg text, caranya bisa pakai window movie maker, biasanya text bisa dicari di internet, lalu anda masukkan textnya ke video lagu yg anda pilih, ga susah kok, dan dijamin anda pasti inget terus ama text yg telah anda buat, maklum kan diulang2 sampai satu lagu kelar.

-          Carilah buku cerita berbahasa Inggris yg anda sukai, misalkan kalo anda suka cerita horror spt saya, carilah buku cerita horror in English, dijamin anda pasti akan tertarik untuk terus baca sampai tamat, dan mencatat kata2 yg belum ngerti, dan biasanya dg cara ini, vocab yg baru akan lebih diingat daripada cuma sekedar buka kamus. Sy suka baca kisah2 nyata orang ketemu hantu di luar negeri yg serem2 dan anehnya bukunya biar tebal banget tetap aja sy baca sampai habis, lain halnya kalo sy dikasih buku ttg global warming, dijamin ga akan dibaca samasekali, boriiiinngg banget biarpun Cuma selembar.

-          Nonton film berbahasa Inggris tiap hari, nah lo kok tiap hari? Iyalah karena  untuk melatih pendengaran dan juga vocabulary ,kita  harus  pakai English itu di keseharian kita, bukan Cuma untuk test atau sekedar nilai, no no no, English itu dipake, bukan dihafal spt anak SD.

-          Kalo nonton film berbahasa Inggris, please deh pakai text English, jgn pake text Indo, krn percuma ga akan efektif buat your English kalo masih pake text Indo. Jadi cari yg pake text English lalu perhatikan gerak bibir mereka pas bicara dan lihat textnya ngomong apa, kalo ga ngerti  artinya, cepat buka kamus.

-          Inget2 ya, latihan English harus tiap hari, bukan Cuma pas kursus doang atau pas inget aja, ga bisa spt itu lho… English itu dipake, bukan dihapal untuk dapat nilai spt kebanyakan siswa kita di Indonesia yg mementingkan nilai English daripada kemampuan English di luar kepala.

-          Yg hobi pen pal, carilah temen2 dari luar negeri, usahakan pakai email, bukan chat, krn chat cenderung disingkat2 sehingga penulisannya ga benar, tapi kalau email, anda harus menulis lengkap dan belajar how to write in English dg baik dan benar, cari temen sebanyak2nya , seolah2 anda sedang cari jodoh, caileee.. biar semangat gitu lohh

-          TENSES apa yg anda harus bisa??? Hanya 3 TENSES AJA  yaitu :
1. Simple present tense,
 2. Simple past tense
dan terakhir adalah future tense. Hanya itu aja.  Sisanya? Entar juga bisa sendiri kok, kalo yg 3 ini udah dikuasai, percaya dehh… jd ga usah mikirin soal tenses2 lainnya yg banyak dan bikin pusing kepala ( bukannya bisa malah jadi males belajar English kalo harus menguasai semua tenses dari guru anda) so ga perlu belajar semua tenses, cukup 3 aja yaaa…

-          Simple present tense untuk menceritakan kejadian sehari2,
-          Simple past tense untuk menceritakan kejadian2 yg udah lewat
-          Future tense untuk menceritakan kejadian2 yg akan datang /udah direncanakan
-          Setelah 3 tenses itu, anda juga harus kuasai Modal, spt : CAN, MAY , MUST, MIGHT, SHOULD
-          Setelah itu preposisi spt : in, at , on krn yg ini banyak keluar pada marlins test.  Ga susah kok, gampang banget, asal anda sering bikin kalimat, dijamin bisa ngerti gimana cara penggunaannya. Oh ya apa itu marlins test? Entar deh dibahas lagi di tulisan berikutnya khusus about marlins test kapal pesiar.

Nah itu beberapa tips bagi anda yg udah pengalaman di hotel/restoran tapi Englishnya masih kurang banget ( usia max 32 lho , sehat 100 persen dan tanpa kacamata)

Kalo bagi yg belum punya pengalaman plus English jeblok, anda harus cari pengalaman dulu, sekaligus juga Englishnya, kalo anda bisa melakukannya bersamaan ya lanjut aja, ( tapi berdasarkan pengalaman byk orang sih mustahil  bisa melakukannya)  jadi  kalo nyerah ya udah, mungkin belum rejekinya anda untuk kerja di kapal. Tapi inget, usia ga boleh lebih dari 32 dan ga boleh pakai kacamata/ berpenyakit apapun krn akan gagal di medical test nantinya.

INGAT:
Cti hanya ada di Jakarta, Jogja dan Bali aja, diluar itu ga ada perwakilan apapun jd yg ngaku2 agennya CTI itu bohong belaka, anda akan tertipu

Jd bagi yg tinggal di luar pulau jawa, terpaksa anda harus terbang ke pulau jawa atau bali kalo anda mau ikutan pre interview dg CTI, dg syarat umur 21 -32, sehat 100 persen, no kacamata, udah punya pengalaman di hotel/restoran minimal 6 bulan dan masih bekerja di hotel/restoran ,  dan memiliki excellent English ( inget wawancara semua in English)  so, lgsg bawa aja berkas lamaran anda yg lengkap in English.

Lowongan yg selalu terbuka hanya  di kitchen, restaurant  dan housekeeping, jadi kalo anda bukan di 3 bidang itu, kemungkinan tidak ada lowongan di kapal. Krn kapal TIDAK  nerima staff kantoran spt akuntan, nurse, doctor, administration dari Indonesia. Mereka  hanya merekrut staff kantoran dari negara2 yg emang English sebagai bahasa utama mereka.

 Orang Indonesia dinilai Englishnya sgt kurang sehingga tidak direkrut sebagai staff kantoran, melainkan hanya sebagai pekerja biasa di department yg umum spt kitchen, restaurant dan housekeeping, sedihnyaaa.. tapi mau gimana lagi, emang itu kenyataan, orang Indonesia lebih suka jogged dangdut daripada study English!!

Yg nyari lowongan di bagian deck and engine harap langsung hubungi kantor CTI, krn saya ga tau menahu soal deck and engine.

 Yg Tanya soal kapal tongkang  dan kapal pelni, sorry saya juga ga tau menahu  samasekali soal kapal tongkang dan kapal pelni.

Yg dulu di sekolah benci ama English, skrg pasti anda menyesal krn hanya English lah yg bisa menolong anda untuk bisa kerja di kapal… biarpun udah pengalaman di hotel kalo ga bisa English, anda ga akan bisa kerja di kapal, sooo bagi yg masih belajar di sekolah please …harus  belajar English lebih sering daripada matematika krn English bisa membuat anda kerja di kapal sedangkan matematika tidak.

Yg kuliahnya bukan di perhotelan tapi ngotot pingin kerja di kapal gimana?
 Well pertama, stop kuliah disitu krn percuma, jd anda stop kuliah dan segera  harus cari job training sendiri di hotel/restoran sambil mempelajari English lebih dalam, nah baru deh anda bisa ke kapal, kalo tanpa pengalaman dan English biarpun anda udah S2 percuma aja, ga kepake tuh ijazah, buang2 wkt dan duit aja. Ingat, kapal ga pernah melihat pendidikan anda, mau anda sarjana atau cuma lulusan sma gajinya sama aja yg penting udah pengalaman di hotel/restoran dan excellent English pasti bisa kerja di kapal.

Yg sarjana ga bisa protes kok gajinya sama dg yg Cuma lulusan sma lho… krn kapal GA PEDULI  apa pendidikan anda, kapal hanya peduli pengalaman kerja anda dan your English. Jd yg udah S2 pikir2 deh apa mau disamakan dg yg Cuma lulusan sma di kapal nanti. Ingat itulah yg akan terjadi di kapal. Samasekali  tidak ada keistimewaan buat sarjana di kapal pesiar.






Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?

Galley Steward.... apaan tuh???