Menjawab pertanyaan - pertanyaan seputar kerja di kapal pesiar

ini adalah rangkuman dari banyak pertanyaan yg sering diajukan pd saya dari pembaca blog ini :
utk pertanyaan silakan ditulis di https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=803563446457122&id=793557547457712

1. berapa sih total biaya yg dikeluarkan kalo mau kerja di kapal?
- nah untuk yg ini jawabannya adalah tergantung kapalnya. kalo kapal NCL sekitar 10 juta. tapi kapal Carnival dan Royal Caribbean total biaya yg dikeluarkan sekitar 25 juta. knp berbeda? krn ada kapal yg membayarin tiket dan ada kapal yg tidak. NCL membayari tiket calon crew, sedangkan Carnival dan Royal Caribbean tidak.  Itulah sebabnya kenapa berbeda. Namun menurut pengamatan dan pengalaman bbrp siswa saya juga, yg paling cepat berangkat adalah Carnival, jd meski mereka menghabiskan 25 juta untuk dokumen dan tiket namun Job Letternya cepat datangnya jadi ga lama nunggunya. kalo di Carnival, biaya tiket yg sudah dikeluarkan emang ga diganti, tapi pada saat kontrak yg kedua, tiketnya dibayarin jd ini hanya modal awal saja untuk kontrak pertama. saat kontrak kedua, tidak perlu lagi bikin dokumen apapun, cukup medical check up saja. enak kan? yah bersakit sakit dahulu bersenang-senang kemudian gitu lohh

2. saya bisa berbahasa Inggris tapi ga punya pengalaman di hotel/restaurant terus gimana?
- nah kalo spt ini, yg paling gampang adalah kuliah perhotelan yg cuman setahun tapi dapat gratis job training, tapi yg begini udah pasti mengeluarkan duit yg ga sedikit, menurut hemat saya sih, lebih baik cari saja job training sendiri, kalo punya koneksi di hotel atau restoran bolehlah minta job training 3 bulan tapi di surat keterangannya ditulis 6 bulan, heheheh.. rekayasa yg ga gampang. kalo ga punya koneksi? ya ajukan aja lamaran job training ke HRD hotel/restoran yg bukan bintang 4-5. krn kalo yg berbintang mereka suka rese.
job training sebagai apa? sebagai waiter/waitress. atau kalo suka bersih2 ya sebagai room boy/room girl. Posisi untuk job training yg cocok untuk kerja di kapal hanya sbg waiter/waitress dan room boy/room girl aja. jd jgnn job training di posisi yg lain yaaa..

3. saya ga lancar berbahasa Inggris dan ga punya pengalaman di hotel/restoran juga, tapi minat, lantas gimana?
- pertama2 anda harus ambil kursus yg intensif sambil ambil job training juga, jd sekalian biar ga terlalu lama. perlu diingat usia max adalah 32 th kecuali anda sudah punya pengalaman bertahun2 di hotel/restoran baru bisa lebih dari itu. Kalo pemula ga boleh terlalu tua.

4. saya tinggal di luar pulau jawa maupun bali, tapi udah berpengalaman dan bisa English, terus gmn?
- anda harus terbang ke CTI jkt, atau CTI jogja, atau CTI bali.  ingat bahwa CTI ga punya cabang di kota lain selain yg 3 itu aja. jd yg ngaku2 agen CTI di luar 3 kota itu, adalah bohong dan abal2.
sebelum anda ke CTI anda harus persiapkan lamaran lengkap ( surat lamaran dan CV harus in English), persiapkan your English krn begitu anda serahkan lamaran lengkap, saat itu juga ada di pre interview oleh CTI untuk dilihat apakah layak untuk melamar di kapal atau tidak. yg dianggap Englishnya kurang akan langsung ditolak tapi bisa mengajukan lagi kalo Englishnya sudah lebih baik.

5. saya mau mengirimkan lamaran via post/ email, bisakah?
- saran saya sih, lamaran harus dibawa langsung ke CTI krn anda langsung di pre interview oleh staf CTI. kalo anda nekad kirim lewat post/ email percuma saja, ga bakalan dipanggil, mau coba? silakan aja hehehehe.. rugiiii nunggu2 aja tapi ga akan dipanggil.

6. apakah di CTI ada pelatihan/ job training?
- yg saya tau di CTI denpasar ada pelatihan untuk laundry ( pria saja) tapi harus lulus pre interview in English. biayanya bisa langsung ditanyakan ke CTI. jd anda melamar , pre interview in English dan karena Englishnya udah lulus maka anda bisa ikut pelatihan laundry di denpasar selama kurang lebih 2 bulan, setelah itu marlins test dan menunggu final interview dg user. tapi kalo your English is not good enough, you cannot join the laundry training at all. ini hanya untuk yg Englishnya sudah lolos saat pre interview.

7. apa itu marlins test?
- setelah anda lulus pre interview, maka anda diwajibkan untuk mengikuti test bahasa Inggris dasar yg bernama marlins test dg membayar sekitar 300 ribu rupiah untuk sekali test, kalo gagal ya harus bayar lagi. bentuknya spt toefl tapi jauh lebih gampang dan menggunakan komputer yg ada di CTI. pokoknya kalo your English is good enough, udah pasti lulus deh, ini gampang sekali kok, cuma milih aja jawabannya.
untuk housekeeping minimal score anda harus 75, demikian juga dg posisi waiter/waitress tapi kalo cook helper scorenya lebih rendah.

8. apakah saya harus menyiapkan dokumen2 sebelum melamar ke kapal?
- jawabannya adalah TIDAK PERLU BIKIN DOKUMEN APAPUN SAMPAI ANDA LULUS FINAL INTERVIEW DG USER KAPAL.
kenapa? krn anda punya dokumen atau tidak, itu TIDAK AKAN mempengaruhi kelulusan interview anda. satu2nya yg mempengaruhi kelulusan anda dlm interview hanyalah ENGLISH.
so percuma kan udah capek2 bikin dokumen ini dan itu tapi ternyata gagal di final interview, terus buat apa tu dokumen2?? ya nggak?. percaya deh, bikin dokumen itu gampang, tapi lulus final interview itu ga gampang krn pihak user kapal ga bisa disogok pake duit atau sogokan apapun. anda harus benar2 lulus murni, bukan rekayasa duit spt para pejabat2 kita.
jadi sabarlah, lulus final interview aja dulu, klo udah lulus baru bikin dokumen2 yg diperlukan. kalo ga lulus interview? ya perbaiki lagi Englishnya, kan belum keluar biaya2.
entar bisa ikutan interview lagi kalo Englishnya sudah lebih baik.

9. saya sudah melamar dan pre interview, tapi gagal krn Englishnya kurang , terus gimana?
- belajar lagi dg lebih intensif, kadangkala anda gagal krn cara anda menjawab kurang meyakinkan, nah ini yg perlu dilatih. ada caranya sebetulnya dan ga susah juga, heheheheh..

10. saya gagal di final interview, terus apa yg harus saya lakukan?
- sama aja dg nomor 9, kadang ada peserta interview yg Englishnya kurang tapi anehnya lulus, sedangkan yg English nya bagus kok malah gagal, kenapa ya?
ini beberapa faktor penyebabnya:
a.   anda menyebut si pewawancara dg sebutan mister ataupun mrs. ini salah besar, kalo si pewawancara lelaki, sebut dia SIR, dan untuk wanita sebut dia Ma'am ( dibaca mem) kalo anda menyebut seorang pewawancara wanita dg sebutan mrs hanya krn dia udah tua tapi ternyata dia masih single, udah pasti dia ga suka dan anda udah pasti gatot alias gagal tuotal.
b.  HP anda berdering dan anda menjawabnya, hadeh gimana sih anda ini... kalo mau interview please matiin tuh HP atau anda akan gagal total.
c.  anda ga berani menatap mata si pewawancara, ini fatal banget, udah pasti gagal meski your English is good enough. so anda harus berani tatap matanya tapi bukan memelototi, tatap biasa aja, lihat gerakan bibirnya klo anda merasa gugup saat menatap matanya.
d.  grammar anda parah banget, misalkan anda bilang : my name is Andi, I am work at hotel Oranye..... hadehhh... lihat deh apa yg salah? kalimat I am work at hotel Oranye itulah yg salah, kalo I am work artinya menjadi  saya adalah bekerja. ( fatalllll) ... ... harusnya gimana dong? harusnya I work at hotel Oranye.
gitu lohhh.. .inget penggunaan to be itu tidak boleh asal aja.
e. anda pelit bicara, alias menjawab terlalu pendek misalkan ditanya why do you want to work onboard? lalu anda cuma bilang because I need money. itu terlalu singkat, tambahin dong biar mantap dan lulus interview.

sementara itu dulu, entar ditambah lagi









Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?

Galley Steward.... apaan tuh???