A heck of a job

Working onboard is a heck of a job, not just a playing game, if you worked in a hotel before, I bet you know already how hard it is to do the job in hospitality industry.

dari mulai melamar, interview, bikin dokumen, keberangkatan dan sampai di kapal membutuhkan tenaga, fikiran dan uang tentu saja. tapi kalo di CTI, biaya keberangkatan maximal adalah 25 juta jadi tidak benar juga kalo ada yg berangkat sampai abis 40 jutaan, itu pasti melalui calo, makanya langsung datang ya ke kantor CTI, jangan lewat calo.
mau lebih murah? bikin dokumen spt paspornya harus diurus sendiri, tidak lewat agen, tinggal datang ke kantor imigrasi aja untuk membuatnya, ini bisa menekan biaya. tapi ingat, jangan bikin dokumen apapun sampai anda lulus interview dg pihak kapal.

sudah sampai di kapal, masih lagi banyak gangguan, hmmm apa aja tuh gangguannya?
- kangen rumah, mewek deh tuh mata kalo inget keluarga di rumah, maunya pulang aja- homeee...home...
- kangen pacar/suami/istri/temen yg di Indonesia - of course you miss everybody who are close to you.
- bahasa - ya you must speak English everyday, everytime as you are not allowed to speak other language than English when you work, this will be a great challenge as you never had such things before.
- money - you must be careful when you spend your money, otherwise when you finish your contract, you will bring nothing but debts alias ngutang.
- strict supervisor - bisa2 anda manyun tiap hari if you have strict supervisors, but it is what it is, it is not the same as working in Indonesia where your boss is a nice person, no no no.... they could make you cry every single day, bawaannya sebel everyday deh kalo punya strict supervisors
- it is a heck of a job, alias kerja berat, kerja rodi, ga ada hari liburnya

tapi ada banyak orang yg enjoy their job onboard, kenapa?
- bisa ngumpulin dollar, of course, so you can help your family
- if you are gay or lesbian, cruise ship is the right place to find partner, yeah surganya orang2 yg spt itu deh, because there are lots and lots of gay people onboard, ga percaya? lihat aja sendiri, you will be surprised
- yg pergaulannya bebas bisa hidup seenaknya di kapal, when you work onboard, nobody cares who you fuck, it is all up to you, anda mau hancur atau sukses di kapal, up to you deh.
- bisa jalan2 ke luar negeri, yes you can see many places, many countries, taste many kind of food, pokoknya kalo suka traveling you will enjoy working onboard deh.
- you will have lots of friends, yeah, it is a pleasure to have lots of friends, right?

working onboard will be an unforgettable moment in your life, ever, dijamin ga akan terlupakan walaupun itu pengalaman pahit or not, tetap aja you will remember for the rest of your life.

ok sekarang kita bahas mengenai harapan orang tua

saya dapat beberapa sms dari orangtua yg ingin sekali anaknya kerja di kapal pesiar, ya gapapa namanya juga orang tua pasti punya harapan yg tinggi untuk anaknya. Nah kalo ada orang tua yg baca tulisan ini, ada beberapa tips yg harus dilakukan kalo ingin anaknya bisa kerja di kapal pesiar, yaitu:

1. excellent English ( ga bisa ditawar2, ini wajib dan ga bisa  disogok tuh staf kapal, pokoknya kalo ga bisa English, ya ga bisa kerja di kapal samasekali)

2. ga perlu kuliah perhotelan segala, lulusan SMA/SMK juga bisa asal memenuhi syarat yaitu :
- umur 21 -32
- pengalaman di hotel minimal 6 bulan training
- excellent English

3. karena ada medical test, jadi pastikan kesehatan 100 persen prima kalo ingin kerja di kapal, jgn sampai pake kacamata, sakit dalam, sakit menular apalagi sakit kelamin karena akan ketahuan selama medical test dan akan membuat si calon crew ini gagal berangkat meskipun udah lulus interview lho.

4. jangan merokok dan minum2 miras krn akan membuat medical test jadi gagal total. nah lo.. jadi yg suka merokok dan miras, stop dulu deh kebiasaan buruknya, daripada menyesal di kemudian hari

5. biasakan mandiri, jadi selama nunggu keberangkatan kalo bisa sih tetap bekerja dan kost terpisah dari orang tua, kenapa? untuk membiasakan diri mandiri jauh dari ortu, daripada entar mewek terus pingin pulang krn kangen ortu kan bisa repot jadinya, banyak lho kejadian.

6. yg udah sarjana atau pun yg cuman lulusan SMA, gaji anda akan sama aja, ga ada perbedaan, kenapa? karena pihak kapal gak melihat pendidikan anda, tapi yg dilihat adalah pengalaman dan cara kerja anda, jadi jangan heran kalo pas di kapal nanti gaji crew yg sarjana dg yg hanya lulusan SMA sama persis.
ga bisa protes lho.

7. jangan cuman mimpi aja kerja di kapal, ayo kejar impian anda, yg belum pengalaman, segeralah cari pengalaman training di hotel, cari sendiri bisa kok, hubungi aja bagian HRD hotel dan minta training 6 bulan. setelah lulus training baru anda bisa melamar ke kapal.

8. keep learning and study English, don't ever stop until you pass the interview . walaupun mungkin anda merasa ah English saya udah bagus kok, no no no.. jangan berpikir seperti itu, tetaplah belajar English sampai lulus interview, setelah lulus interview baru anda boleh berhenti belajar English.

9. yg butuh info lowongan dan lain-lain silakan langsung datang ke kantor CTI terdekat, bisa ke CTI Jkt, CTI jogja maupun CTI bali. langsung datang dan tanya2 pada staf disana, jgn via telpon.

yg di Gianyar Bali, mau melamar tapi Englishnya kurang, bisa belajar dg saya, dijamin lulus deh. biaya 1 juta saja sampai lulus.








Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?

Galley Steward.... apaan tuh???