Persyaratan apa saja sih yg diperlukan kalo mau kerja di kapal?

kerja di kapal pesiar: cerita pengalaman kerja di kapal pesiar: "ok temen-temen...karena banyak yg tanya soal gimana sih caranya biar bisa kerja di kapal pesiar? ok saya akan ceritakan.....

untuk bisa bekerja di kapal pesiar ada persyaratannya yaitu:
- usia minimal 21 tahun,  jadi yg belum cukup umur, mending kerja dulu aja di hotel, kan buat pengalaman dan ngumpulin duit dulu
- sehat, tidak berkacamata, tidak ada cacad apapun, tidak berjilbab, tidak berjanggut/berkumis
- pengalaman kerja di hotel atau di restaurant minimal 1 tahun, ada sih kapal yg memperbolehkan pengalaman 6 bulan tapi bukan sebagai koki, melainkan housekeeping.
- untuk wanita, lowongan kerja yg tersedia lebih terbatas, yaitu jadi waitress, cabin stewardess(yg membersihkan kamar) atau pastry staff. sedangkan bagi kaum pria, jauh lebih banyak, yaitu bisa jadi galley steward, cabin steward,laundryman, cook helper, pool attendant, waiter dan bartender.
- untuk biaya, ini sekedar gambaran
- bagi yg melamar ke kapal Carnival, maka tiket ke Amerika sekitar 15 juta ditanggung sendiri tapi Carnival nunggu nya ga lama, jadi cepet berangkatnya. sedangkan kapal yg lainnya tiket ditanggung pihak kapal tapi nunggunya bisa lama, maximal 8 bulanan.
- kalo bikin paspor sendiri ke kantor imigrasi, biaya gak sampai 300 ribuan kok, tapi kalo bikin di agen, sekitar 800 ribuan, jauh lebih mahal
- kalo bikin seaman book sendiri, ga sampai 500 ribu udah jadi , bikinnya di syahbandar kota terdekat, tapi kalo via agent, bisa sampai 1 juta.
- biaya BST, medical check up dan visa tiap agen beda2, bisa ditanyakan kepada agen kapal.
- pilihlah agen kapal yg beneran, bukan yg abal2 hati2 banyak yg abal2 dan minta duitnya banyak banget.
kalo saya sendiri sih rekomendasikan CTI yg ada di Jakarta, Jogja dan Bali karena udah terbukti memberangkatkan dan gak neko2.
- lulusan SMA /SMK boleh kok, yg penting punya pengalaman minimal setahun di hotel/restaurant yg menerapkan sequence of service ( bukan warung makan biasa )
- tinggi minimal 155 cm, tidak berkacamata, sehat jasmani rohani ( karena pasti di medical check up) jadi yg pernah kena hepatitis, gak bakalan lulus medical check up nya.
- harus lulus marlins test, marlins test diadakan di agen, kalo di CTI biayanya 300 ribu, kalo gagal ya harus ikut lagi dan bayar lagi. marlins test adalah test English dasar untuk para pelaut yg dilakukan pakai komputer. untuk posisi waiter/waitress score minimal adalah 70, untuk housekeeping juga 70 tapi kalo kitchen score nya paling tidak 60 saja.
- harus lulus interview dg pihak kapal ( biasanya sih bule), nah ini yg paling susah-susah gampang, kalo kita udah lulus marlins test baru deh pihak agen menyuruh kita untuk interview dg pihak kapal yg disebut user, biasanya banyak pelamar yg gagal karena grogy atau dia mengerti maksud pertanyaannya tapi susah menjawabnya dalam Bahasa Inggris, oleh sebab itu, bagi mereka yg akan ikut interview, please deh, ikut kursus English dulu ya.... biar mantap, selain itu juga sikap pelamar akan dilihat, misalnya meskipun English nya ok tapi kalo sikapnya kayak orang takut, maka pasti gagal deh, makanya kumpulkan dulu nyali anda, heheheeh..
- ingat, jangan bayar apapun sebelum lulus interview, hanya marlins test aja yg dibayar, sisanya hanya kalau anda lulus wawancara, kalo belum lulus ya ga usah bayar, itu kalo agen yg bener, kalo agen yg abal2, udah pasti diminta duit dulu baru interview, so.... waspadalah..... waspadalah.....

ok sekian dulu, kalo ada yg mau tanya, silakan tulis aja, heheheheh....

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?

Galley Steward.... apaan tuh???