Galley Steward.... apaan tuh???

GALLEY STEWARD

hmmm. .apaan tuh? bagi orang awam, tentu saja posisi galley steward itu agak membingungkan krn ga banyak orang yg tau apa itu galley steward..
sebetulnya bahasa Indonesia dari galley steward ini adalah.... tukang cuci piring... !!! hohoho... dan tentu saja posisi ini hanya UNTUK PRIA SAJA

Di kapal, posisi galley steward selalu saja terbuka karena kebanyakan para galley steward ini ga betah kerja berlama2, banyak yg ga melanjutkan lagi setelah 2  - 3 kontrak. kenapa? yah banyak alasannya tapi yg utama adalah mencuci piring dan perabot dapur itu capek dan membosankan. tidak ada tips krn ga langsung berhubungan dg tamu dan kesal dg perilaku chef di dapur yg berasal dari negara lain yg seringkali menjengkelkan.
tapi gaji awal bagi galley steward ini sama aja dg posisi lain spt cook helper maupun waiter yaitu sekitar 700 dollar Amerika, jadi soal gaji sih bukan masalah krn sama aja buat kontrak pertama.
nah jadi bagi anda yg :

- pria dg English yg bagus ( jangan cuma bisa yes/no aja krn kapal mengharuskan crew untuk bisa berbahasa Inggris yg baik dan benar, kalo cuma bisa yes/no silakan melamar ke kapal tongkang aja yg ga perlu good English)
- tahan banting ( alias mau kerja apa aja dalam keadaan apapun)
- usia 21 - 32 ( sehat, no kacamata, no penyakit apapun, tidak ada cacad)
- pengalaman di restoran 6 bulan di bagian apapun
- 160 cm ke atas ( karena kalo kependekkan entar ketabrak mulu ama crew2 lain di kapal yg sgt sibuk)
- pendidikan minimal SMA/SMK ga masalah jurusan apapun yg penting punya pengalaman di restoran 6 bulan

nah kalo anda memenuhi syarat2 diatas, silakan langsung bawa lamaran anda ( in English) ke kantor CTI terdekat ( alamat ada di halaman lain blog ini atau cari aja di google) inget bukan via post, tapi anda harus langsung datang ke kantor CTI. ( jkt, jogja atau Bali)

anda akan langsung di pre interview in English, dan bila lulus maka anda akan diminta untuk ambil marlins test dg membayar 300 ribu rupiah. marlins test adalah test dasar English untuk crew kapal, ga susah kok, cuman memilih jawaban di komputer aja.
score minimal 600 buat posisi galley steward., kalo gagal marlins test maka anda harus ambil lagi marlins test dg membayar lagi, pokoknya sampai lulus ( tapi kalo your English is good, cukup sekali marlins test udah pasti lulus)

kalo udah lulus Marlins test, maka anda tinggal melengkapi semua dokumen yg diperlukan, bisa melalui CTI maupun nyari sendiri ga masalah yg penting harus dilengkapi sambil menunggu Letter of Employment dari pihak kapal. apa itu Letter of Employment? ( dulu disebut Letter of Guarantee) itu adalah surat keterangan dari pihak kapal bahwa anda emang dipekerjakan dikapal dan dicantumkan pula tangal berapa anda harus sudah join kapal, nah surat inilah yg ditunggu2 oleh semua crew yg udah lulus interview, tanpa surat ini anda ga bisa urus visa ke USA dan join kapal meski udah lulus interview

menunggu Letter of Employment bisa bervariasi antara 3 bulan - 1 tahun lho... tergantung pihak kapal,jadi ga bisa didesak oleh anda maupun pihak agent, ini semua policy dari pihak kapal, jd ga ada yg tahu dan bisa menjamin kapan Letter of Employment itu bakal keluar, yg ada adalah nunggu... kalo Letter of Employment udah keluar, pihak agen pasti menghubungi anda untuk  reservasi tiket keberangkatan dan visa ke USA.
soo... selama menunggu Letter of Employment ini, lebih baik anda tetap bekerja sambil melengkapi dokumen krn nunggunya ga jelas berapa lama, kan lumayan terus ngumpulin duit daripada nganggur nunggu kan kesal.

untuk masalah medical dan tinggi badan, anda harus tanya langsung ke CTI, bukan ke saya krn saya ga berwenang untuk menilai masalah itu, ok?

pokoknya kalo anda memenuhi syarat2 diatas, ga usah tanya ada lowongan apa tidak, tapi anda langsung aja pergi ke kantor CTI terdekat dan melamar, langsung di pre interview dan langsung ketahuan hasilnya lulus atau tidak. klo belum lulus berarti anda perbaiki lagi your English, dan kalo udah diperbaiki silakan datang lagi untuk interview.

any question? bisa tanya langsung ke CTI terdekat.





Comments

Unknown said…
Halo
Perkenalkan namaku "Jeje"

Mau tanya nii
Kriteria kru kapal harus non-kacamata semua ya?
Soalnya mata saya minus, pakai kacamata
Unknown said…
Halo
Perkenalkan namaku "Jeje"

Mau tanya nii
Kriteria kru kapal harus non-kacamata semua ya?
Soalnya mata saya minus, pakai kacamata
rosa said…
saya tanya dulu, posisi apa yg anda akan lamar?
Unknown said…
mau gk cti nya beliin tiket dulu, nnt begitu gajian akan d bayar atau d pulangnya dr kapal bayar...?
rosa said…
masalahnya saat ini bukan soal tiket tapi kapal pesiar tidak menerima crew baru sampai waktu yg tidak ditentukan akibat pandemi
jd saat ini tidak ada new recruitment utk kapal pesiar

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?