Gimana caranya agar bisa berbahasa Inggris?

kalo ada pertanyaan tentang : gimana sih caranya agar bisa berbahasa Inggris yg baik dan benar?

apa cobaa jawabannya??

sebelum menjawab tentang hal itu ada baiknya kita lihat latar belakang kenapa kita harus bisa berbahasa Inggris yg baik sebelum kita melamar ke kapal pesiar.

- saat menyerahkan berkas lamaran ( in English) kita akan langsung di pre interview oleh pihak agen menggunakan Bahasa Inggris, jadi yg cuma bisa jawab yes or no aja akan langsung disuruh pulang. perlu diketahui, kapal pesiar beda dg kapal tongkang, kalo kapal tongkang mereka ga perlu crew yg bisa good English, mereka hanya membutuhkan tenaga yg kuat dan tahan banting, tetapi kapal pesiar mewajibkan crew untuk bisa berkomunikasi in English dg lancar dan ini ga bisa ditawar-tawar . so kalo ada yg bilang ah cukup yes or no aja bisa kok .. itu adalah salah besar, anda akan disuruh pulang oleh pihak agen saat mereka mengetahui anda cuma bisa ngomong yes or no doang. anda mau disuruh pulang oleh agen? pasti ga mau kaan... makanya persiapkan your English dg baik sebelum menyerahkan berkas lamaran for pre interview dg pihak agent.

- di kapal nanti anda akan bertemu dg berbagai bangsa di dunia dan semua bisa berbahasa Inggris meski rada aneh dan beda tapi tetap English. soo.. anda wajib bisa berbahasa Inggris agar bisa komunikasi dg mereka. kalo cuma yes or no aja udah ga bakalan diterima di kapal sejak awal.

- orang Indonesia dinilai Englishnya kurang kalo dibandingkan dg filipina, itu emang benar ( meski sakit untuk mengakuinya) kenapa ? krn di filipina English adalah bahasa utama selain tagalog, dari anak kecil pun mereka udah biasa berbahasa Inggris meski logatnya emang aneh tapi tetap saja lebih banyak orang filipina yg bisa berbahasa Inggris daripada orang Indonesia. Kalo soal kualitas kerja, orang Indonesia nomor satu deh di kapal tapi soal bahasa, kalah ama filipina. oleh sebab itu sebaiknya sedari awal seharusnya Bahasa Inggris itu jangan dianggap sulit, jgn hanya dipakai untuk ujian, tapi English harus dipakai dalam keseharian.

- sekali lagi, cuma yes/no aja ga bisa membuat anda lulus pre interview kapal pesiar, apalagi interview dg user yg bule, anda wajib bisa menjawab pertanyaan apapun yg diajukan oleh agen dan oleh user.

ok sekarang kita bahas gimana caranya agar bisa berbahasa Inggris yg baik dan benar?
- kalo ada dana, ambil kursus English yg intensif, kalo ga ada dana ya belajar otodidak.
- gunakan English dalam kehidupan sehari-hari dalam berkomunikasi dg teman dan keluarga
- banyak hapal lagu2 berbahasa Inggris
- tiap hari nonton film berbahasa Inggris dg menggunakan text English ( bukan text Indo)
- bikin buku harian in English
- baca buku berbahasa Inggris yg menarik sehingga anda suka membacanya, jgn baca yg membosankan krn ga akan pernah tamat. misalkan anda baca buku Harry Potter yg versi aslinya bukan terjemahan, dijamin anda pasti ingin baca sampai tamat. ini bisa nambah vocabulary dg cepat
- cari email friend dari negara lain, dan email tiap hari dg mereka in English, semakin banyak anda bikin kalimat, semakin pintar English anda.
- kalo dibilang sombong/sok English, ga usah dipedulikan, karena English adalah jalan untuk bisa kerja di kapal, masa bodo dibilang sombong yg penting berhasil kerja di kapal, biar yg bilang sombong malu ati.
- yg tinggal di daerah wisata spt jogja dan Bali, sering2lah mampir ke tempat2 turis-turis asing bersantai, ajak mereka bicara dan latihlah pendengaran anda dg mencoba mengerti apa yg mereka katakan dan anda juga berusaha untuk menjawab apabila mereka bertanya, ( jangan cuma yes/no aja, itu ga cukup)
- anda harus tau apa bahasa Inggrisnya barang2 yg ada di sekitar anda, ga susah kan? terus lanjut dg semua barang yg ada di hotel/restaurant, lama2 semua barang di mana2 harus tau bahasa Inggrisnya apa, dan diingat2.
- tetapkan niat anda untuk kerja di kapal, dan untuk mendapatkan kerja di kapal, anda harus bisa English yg baik dan benar, jd dengan niat yg kuat, itu bisa menjadi motivasi untuk belajar English mulai saat ini juga, jgn ditunda-tunda lagi

pihak kapal tidak mempersulit anda dg English, krn English adalah hal yg biasa di kapal,  kalo anda bisa menjawab in English dg baik, udah pasti anda lulus interview, apapun pertanyaannya. so jgn terlalu khawatir soal pertanyaan2 dalam English interview krn pertanyaan2nya juga ga jauh beda dg interview di hotel/restaurant di darat.

sekali lagi... cuma bisa jawab yes or no aja GA CUKUP buat bisa lulus interview, kalo anda cuma bisa jawab yes/no aja, anda akan DISURUH PULANG oleh yg menginterview.
so persiapkan your English untuk menjawab pertanyaan apapun dari agen maupun dari user kapal pesiar.
yakinlah dg kemampuan anda, coba berlatihlah interview dg teman dan review hasilnya.

ok ini gambaran dari suatu contoh interview by agent:

can you tell me about yourself?
- my name is Tono, I'm 24 years old from Bali, I work as a room attendant at Hotel Cipta Bali for a year.

what do you do at work?
- in the morning after briefing, I usually get 19 rooms to clean, so after preparing my trolley I start cleaning the rooms from 8.30 AM until 4 PM everyday.

ok, so you still work in Hotel Cipta Bali, where is it?
- it is located at Jalan Ternate number 203 Kuta Bali

I see, so why do you want to work on a cruise ship?
- well basically I want to earn more income for my family, and I always have dream to work on a cruise ship. I like travelling and having new adventure as well.

soo... ga susah kaaaannn? emang pertanyaan ga mungkin sama tapi ya ga jauh2 dari yg itu2 juga sih
pokoknya kalo bisa jawab pasti lulus deh, jgn stress duluan yaa....

nih. latihan pengucapan aja dulu sambil kursus English





Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?

Galley Steward.... apaan tuh???