jenis2 lowongan kerja di kapal yg selalu terbuka

berikut jenis2 pekerjaan yg sering membutuhkan tenaga kerja di kapal dikelompokkan dalam departemen - departemen

Galley:
cook
cook helper
cook trainee

F & B:
waiter/waitress
asst. waiter/waitress
bartender
bar waiter/ waitress
bar steward
galley steward

Housekeeping:
stateroom steward/ess
hotel steward
Laundry
carpenter
tailor

Deck department:
staff engineer
junior engineer
asst. electrician
asst. refreigeration
oiler
wiper

jadi kalo anda :

pria/ wanita dengan excellent English ( jangan cuma bisa yes/no aja krn kapal menuntut crew yg bisa berbahasa Inggris yg baik dan ngerti kalo diajak bicara). kalo anda cuma bisa yes or no aja, silakan melamar ke kapal tongkang yg ga perlu good English, tapi saya ga tau soal agen kapal tongkang.

sehat total tidak berkacamata, tidak memiliki cacad
umur 21 -32
sudah berpengalaman di bidangnya ( bukan bidang diluar yg akan dilamar) minimal 6 bulan bahkan kalau bagian cook itu harus 1 th.
mau lulusan SMA/SMK/ apapun juga ga masalah yg penting punya pengalaman di hotel/ restaurant dan tidak kadaluarsa ( lebih dari 2 th yg lalu)

maka anda silakan datang langsung ke kantor CTI terdekat ( jkt, jogja atau denpasar )
langsung pre interview, kalo lulus bisa langsung ikut marlins test ( bayar 300 ribu saat test)
kalo lulus keduanya, tinggal nunggu panggilan dari CTI untuk ikut wawancara dg user kapal yg waktunya akan diberitahukan via telephone
kalo lulus interview dg user, baru anda bisa urus dokumen.
urus dokumen bisa sendiri atau lewat CTI ( biayanya berapa dan apa saja harap tanya langsung ke CTI, krn hanya mereka yg bisa kasih info soal ini)
kalo dokumen semua udah selesai tinggal nunggu surat dari kapal ( letter of employment), ambil visa USA, lalu anda berangkat.
proses berangkat bisa bervariasi antara 3 bulan sampai 1 tahun menunggunya, so selama nunggu anda tetap harus bekerja, jgn nganggur
waktu anda di CTI bilang anda mau lamar ke kapal yg berangkatnya cenderung lebih cepat yaitu Carnival, tapi kalo pas lowongannya cuman di kapal lain ( bukan Carnival)  ya terpaksa anda melamar ke kapal lain, semua tergantung ada atau tidaknya lowongan di kapal sesuai bidang yang anda lamar ( Carnival pilihan pertama, tapi kalo sedang ga ada lowongan disana ya kapal apa aja ga papa yg penting yg ada lowongannya sesuai dg pengalaman anda di bidang perhotelan)

tanpa pengalaman, anda ga bisa melamar, jadi carilah job training minimal 6 bulan di hotel atau restaurant supaya anda memenuhi syarat untukkerja di kapal.

untuk soal gaji, berapa biaya yg pasti dan masalah medical/kesehatan HARAP LANGSUNG HUBUNGI CTI terdekat, jgn hub saya, krn hanya mereka yg berhak memberi info soal itu.
ingat CTI hanya di Jkt, Jogja dan Bali saja, di luar itu tidak ada perwakilan apapun. jd yg di luar jawa-bali silakan langsung terbang ke Jkt/Jogja/Bali untuk langsung pre interview kalau sudah memenuhi syarat2 diatas.

yg gagal dalam pre interview, bisa kembali lagi untuk interview setelah Englishnya diperbaiki

note : semua test baik pre interview, marlins test maupun test interview dg pihak kapal semua dilakukan in English, ga ada satupun yg pakai B.Indonesia, so mulai sekarang perbaikilah your English agar anda bisa lulus interview, bisa jawab pertanyaan apapun yg mereka tanyakan dg baik dan jelas.
starting today, please please study English everyday at home!

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat lamaran dan CV buat ke kapal

Kenapa orang tertarik untuk kerja di kapal pesiar?

Galley Steward.... apaan tuh???